Detail Cantuman Kembali

XML

Wawasan Ipteks : ilmu pengetahuan, teknologi dan seni


Wawasan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni) adalah buku yang bertujuan untuk menciptakan serta memberikan kontribusi bagi pengembangan insan cendekia berkarakter yang arif dan mampu memanfaatkan segala anugerah potensi dari Yang Maha Pencipta untuk diamalkan.
Secara umum pengertian wawasan dapat digambarkan sebagai teropong multi dimensi untuk dapat melihat dan mengamati keberadaan dan perkembangan dunia IPTEKS secara utuh. Pada fase sebelumnya, IPTEKS ditinjau secara fragmatis, terpenggal dan terpilih dimana perkembangan satu sisi tidak membantu sisi yang lainnya. Akibatnya pesona dan jiwa Seni terasaasing dan seakan kabur oleh kecanggihan ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Padahal Ilmu pengetahuan terletak di hulu pemikiran, dihilirkan menuju paket-paket teknologi, dan dikemas oleh kearifan dan diharmonisasi oleh seni. Ilmu pengetahuan mengantar manusia memahami informasi tentang keberagaman dunia. Sedangkan, teknologi dikembangkan untuk mengantar manusia agar mengelola segala informasi dan keberagaman tersebut. Pada sisi lain, seni dikembangkan dengan tujuan agar manusia bisa mengapresiasi semua informasi dan keberagaman tersebut. Wawasan IPTEKS adalah dasar yang diperlukan oleh semua insan cendekia berkarakter sebelum berkiprah dalam dunia nyata untuk turut serta mengembangkannya.
Buku ini ditujukan untuk menjadi buku teks untuk mata kuliah Wawasan IPTEKS yang merupakan Mata Kuliah Dasar Umum bagi mahasiswa tingkat 1 di semua program studi. Beberapa mata kuliah dasar lain seperti Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Budaya Dasar, dan Filsafat Ilmu juga bisa memanfaatkan buku ini sebagai referensi.
Bibliografi : halaman 124 - 126, indeks
penulis, Dadang Suriamihardja, Amiruddin, Eddyman W. Ferial; editor, Lemeda Simarmata
Dadang Suriamihardja - Pengarang Utama
Amiruddin - Pengarang Tambahan
Eddyman W. Ferial - Pengarang Tambahan
Simarmata, Lemeda - Penyunting
303.483 DAD w
978-602-298-503-7
303.483
Text
Indonesia
Erlangga
2019
Jakarta
vii, 128 halaman : ilustrasi ; 25 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...