Detail Cantuman Kembali

XML

Seri kuliah ringkas : metode penelitian kualitatif untuk keguruan dan pendidikan


Pada bidang keguruan dan pendidikan, ada banyak metode penelitian yang dapat digunakan oleh para sarjana, dosen, guru, dan praktisi untuk menyelidiki dampak dari pendekatan instruksional yang berbeda pada pembelajaran serta untuk memahami cara keterampilan dan pengetahuan diperoleh peserta didik. Salah satu metode tersebut adalah penelitian kualitatif, yakni metode ilmiah yang didasarkan pada observasi yang menganalisis data nonnumerik. Metode ini berfokus pada pencarian jawaban atas mengapa dan bagaimana fenomena yang diamati tertentu terjadi daripada berfokus pada kemunculannya.

Sajian teoretis tentang metodologi penelitian kualitatif beserta berbagai contoh aplikasinya dalam buku ini lebih difokuskan pada bidang keguruan & pendidikan. Buku ini juga ditulis secara berurutan dengan mengikuti urutan praktik penelitian kualitatif yang lazim dilakukan oleh banyak peneliti. Berbagai contoh aplikasi diangkat dari pengalaman penulis, baik sebagai peneliti, pembimbing (dosen muda dan mahasiswa), sekaligus pengembang pada rumpun bidang keguruan dan pendidikan. Namun demikian, bagi pembaca yang berlatar bidang ilmu lain, terutama ilmu-ilmu sosial atau kemasyarakatan, juga dapat menjadikan buku ini sebagai inspirasi dan diterapkan pada riset sesuai bidang yang sedang ditekuni.
Bibliografi : halaman 117-120, glosarium, indeks
penulis, Nurul Ulfatin, Teguh Triwiyanto; editor, Winny Rachmayanti; setting & layout, Divisi Perti; desain sampul, Edith Natasha
Nurul Ulfatin - Pengarang Utama
Teguh Triwiyanto - Pengarang Utama
Winny Rachmayanti - Penyunting
Cetakan ke-2
370.7 NUR m
978-623-266-517-0
370.7
Text
Indonesia
Erlangga
2023
Jakarta
xii, 129 halaman : ilustrasi ; 24 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...